Rabu, 11 Februari 2009

BIKIN KALENDER SENDIRI YUK!

Berhubung banyak situs yang menawarkan software kalender berbayar, maka kali ini saya buatkan sendiri template kalender 2009. Yang saya maksudkan template disini adalah seperti bentuk kalender yang sudah siap pakai, tinggal diisi dengan gambar / foto sendiri jika perlu. File ini saya simpan dalam format png, dalam ukuran A4 (kwarto). Silakan di donlot dan tentu saja Gratizzzzz........

Rencananya template kalender ini akan saya buat dalam beberapa model, namun berhubung malam ini baru sempat jadi satu, maka untuk bentuk template yang lainnya akan saya tambahkan lain waktu dihalaman ini juga (mungkin besok pagi atau siang).

Cara pakai template kalender

Langkah 1
Di download dulu filenya (tautan downloadnya ada di akhir tutorial photoshop ini), file ini masih dalam bentuk zip, jadi diektrak dulu setelah selesai di donwload.

Langkah 2
Setelah itu, bukalah file-nya dengan Photoshop (sudah saya coba, bisa dengan Photoshop versi 7.0 hingga CS3). Akan didapati dalam palet layer ada nama Layer 0.

gambar: buat_kalender-01.jpg

Langkah 3
Kemudian bukalah sebuah file lain, misalnya foto Anda, yang akan digunakan sebagai penghias kalender ini. Masukkan file tersebut dengan menggunakan move tool ke dalam file kalender tadi.

gambar: buat_kalender-02.jpg

Langkah 4
Ubahlah susunan layer pada palet layer. Geserlah layer gambar foto (layer 1) agar berada dibawah layer gambar kalender (layer 0).

gambar: buat_kalender-03.jpg

Layer gambar kalender ini sudah saya lobangi agar bisa menampilkan layer yang ada di bawahnya. Ulangilah langkah ke-3 untuk memasukkan foto lainnya. Bisa juga hanya satu foto yang ukurannya lebar (tidak perlu dua foto).

Langkah 5
Ubah ukuran layer foto sesuai dengan keinginan Anda. Caranya dengan memilih menu Edit > Free Transform. Gambar fotonya bisa diubah ukurannya maupun diputar sehingga sesuai dengan posisi lobang dalam layer 0. Jangan lupa tekan tombol Enter jika sudah selesai mengubah ukuran.

Download template kalender 2009

Satu model diatas belum jadi, akan saya tambahkan besok (ngejar target agar bisa diposting pas tanggal satu). Model kalender blogger diatas tidak ada hubungannya dengan blogger.com, itu cuma buatan saya yang dimirip-miripkan dengan blogger.
:D

Kalender ini tidak saya beri warna merah pada tanggal-tanggal tertentu, agar lebih umum. Jika ingin memberi tanda pada hari-hari tertentu, bisa dengan membuat penanda sendiri dengan bentuk shape ataupun bentuk lain sesuai dengan kreasi Anda.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP